Marlboro merupakan perusahaan rokok yang diproduksi oleh Phillip Morris. Didirikan pada tahun 1924. Perusahaan ini merupakan perusahaan rokok terbesar di dunia. Dalam olahraga balap, perusahaan ini mensponsori Ferrari dan Ducati.

Di Formula 1, perusahaan ini mensponsori tim Ferrari sejak tahun 1997 setelah berpisah dengan tim McLaren, di MotoGP mensponsori Ducati sejak tahun 2003 setelah berpisah dengan tim Yamaha.

Cerita roller coaster bernama rokok dalam gambar, sebuah industri yang makin kontroversial didunia dan juga menjadi dilema bagi pemerintah Indonesia. Pernah berjaya dan sebentar lagi mungkin akan semakin tertekan karena efek yang ditimbulkannya. Beberapa statistik nasional bisa anda lihat dibagian akhir. Masih ingat film Insider (Crowe-Pacino)?

Warga asli benua Amerika (Maya, Aztec dan Indian) mengisap tembakau pipa atau mengunyah tembakau sejak 1000 sebelum masehi. Kru Columbus membawanya ke “peradaban” di Inggris dan perdagangan tembakau dimulai sejak tahun 1500-an, terutama tembakau Virginia dan masih eksis hingga detik ini.

Di Turki tradisi merokok ada sejak dinasti Ottoman.

Buku petunjuk bertanam tembakau muncul pertama kali di Inggris tahun 1855.

Rokok kretek lahir di Kudus Jawa Tengah (1880) oleh Haji Jamahri.

Rokok menjadi ransum resmi tentara sejak perang dunia pertama, mau tahu apa saja isi ransum mereka?

Pernah diiklankan dengan melibatkan guru, dokter dan olahragawan:

Marlboro Man (1954), tercatat sebagai iklan dengan brand image yang sangat sukses sepanjang sejarah periklanan, merubah image Marlboro dari rokoknya para wanita yang tak dikenal menjadi rokoknya lelaki jantan dan menjadikannya rokok terlaku diseluruh dunia.

Industri rokok mulai redup sejak 1964, persatuan dokter bedah Amerika mengeluarkan pernyataan rokok mengakibatkan kanker paru-paru. Iklan rokok di televisi mulai dilarang sejak 1965 (Inggris) dan 1970 (Amerika). Peringatan kesehatan dikemasan rokok mulai muncul sejak 1970, dan makin diperkuat dengan peringatan melalui gambar:

Merokok ditempat umum mulai dilarang: 1987 – larangan merokok di penerbangan, 1993 – larangan merokok ditempat publik mulai dikenal di Amerika dan Iggris, 1994 – McDonald untuk seluruh jaringan restorannya, 2003 – new york, london & irlandia mulai memberlakukan larangan merokok disemua tempat tertutup. Tahun 1998 eksekutif perusahaan rokok terbesar di Amerika mengeluarkan pengakuan bahwa nikotin adalah candu, tuntutan legal terhadap perusahaan rokok mengakibatkan ganti rugi yang mencapai 250 triliun dollar amerika. Masih ingat film insider?

2003 – Larangan iklan rokok di televisi Indonesia berlaku sejak pukul 17.00 – 21.30

2005 – Larangan merokok ditempat umum disahkan di jakarta.

Beberapa fakta menarik tentang industri rokok nasional (industri yang dibenci tapi dirindu oleh pemerintah karena beberapa data berikut):
Cukai rokok adalah penyumbang terbesar (95%) dari seluruh cukai pemerintah, dan pertahun menghasilkan 42 triliun rupiah. Anggaran kesehatan APBN hanya 13 triliun pertahun.
Industri rokok kretek (mesin dan linting) menyerap tenaga kerja langsung sebanyak 200 ribu jiwa dan tak langsung tak kurang dari 5 juta tenaga kerja tak langsung.